TUGAS EKSPERIMEN FISIKA |
2010 |
Erick Soparma Simanungkalit Eva Purba Febrinawati Siregar Mawan Elfrida Sinaga Kelompok VI 11/22/2010 |
RANCANGAN PELAKSANAAN EKSPERIMEN FISIKA
Judul Percobaan : Balon Berisi Air Tidak Pecah Pada Saat Dipanaskan
Sekolah : SMP NEGERI 1 BUDI PEKERTI LUHUR
Kelas / Semester : II / 1
Pertemuan : 1 x Pertemuan
Alokasi waktu : 30 Menit
Standar Kompetensi : Memahami Konsep Tekanan Udara dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : Membuat suatu karya yang dapat menjelaskan pengaruh tekanan udara pada air dalam gelas
Indikator : - Membuat suatu karya/model sesuai rancangan pelaksanaan eksperimen fisika
- Menguji model / karya yang di buat dan disempurnakan
Diskriptor :
No | K e g i a t a n | N i l a i |
1 | Mempersiapkan Alat dan Bahan | 5 |
2 | Merangkai Alat sesuai dengan prosedur percobaan | 25 |
3 | Mengamati apa yang terjadi sesuai dengan prosedur percobaan | 45 |
4 | Menuangkan hasil sementara pada data eksperimen | 65 |
5 | Membuat laporan sementara hasil praktikum | 85 |
6 | Membuat kesimpulan dari percobaan | 100 |
Tujuan Eksperimen :
- Tujuan Kognitif
Praktikan mampu memanfaatkan bahan-bahan disekelilingnya untuk memahami konsep Tekanan Udara
- Tujuan Psikomotorik
Praktikan mampu merangkai alat dan bahan serta melakukan percobaan dengan baik
- Tujuan afektif
- Praktikan mengajukan pertanyaan yang baik
- Praktikan mampu menyimpulkan hasil percobaan dengan baik
Tinjauan Teoritis :
TEKANAN UDARA
Model dan Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan : Konstektual
2. Metode : Eksperimen
1. Pendekatan : Konstektual
2. Metode : Eksperimen
Alat dan Bahan :
No | Alat dan Bahan | Jumlah |
1 | Balon | 1 buah |
2 | Air | Secukupnya |
3 | Lilin | 1 buah |
Kegiatan Praktikum :
A | Pendahuluan | Waktu | ||||||||||||||||
| Menyiapkan alat dan bahan | 3 menit | ||||||||||||||||
B | Kegiatan Inti | | ||||||||||||||||
| 1. Tuangkan masing – masing Air, larutan garam dan minyak goreng pada ketiga gelas ukur dengan volume yang sama 2. Tempelkan permen karet pada salah satu ujung sedotan yang membentuk sebuah bandul 3. Celupkan sedotan 1 tersebut ke dalam air hingga melayang seperti pada Gambar ( Agar sedotan melayang, aturlah banyaknya permen yang menempel )
Air Larutan garam minyak 4. Tandai sedotan dengan spidol tepat pada permukaan air 5. Kemudian celupkan sedotan itu pada larutan garam, amati letak tanda tadi, di atas atau di bawah larutan kah tanda itu?! 6. Kemudian celupkan sedotan itu ke dalam gelas berisi minyak goreng, amati letak tanda tadi, di atas atau dibawah larutan kah tanda tersebut 7. Pada zat cair manakah sedotan tercelup paling dalam? | 2 menit 2 menit 2 menit 1 menit 3 menit 3 menit 3 menit | ||||||||||||||||
C | Penutup | | ||||||||||||||||
| Mendiskusikan konsep apa yang terjadi Bagaimanakah kesimpulanmu dari percobaan itu? | 5 menit 6 menit |
Data Eksperimen :
No | Bahan | Massa Jenis | Kedalaman (h) |
1 | Air | 1000 kg / m3 | 3,8 cm |
2 | Air garam | 1200 kg / m3 | 5,5 cm |
3 | Minyak | 800 kg / m3 | 2,0 cm |
Pengolahan Data :
- Air
Dik : ρ = 1000 kg / m3
g = 10 m / s2
h = 3,8 cm = 0,038 m
Dit : p = ………?
Jub : p = ρgh
= (1000 kg / m3)( 10 m / s2)( 0,038 m)
= 380 Pa
- Air Garam
Dik : ρ = 1200 kg / m3
g = 10 m / s2
h = 5,5 cm = 0,055 m
Dit : p = ………?
Jub : p = ρgh
= (1200 kg / m3)( 10 m / s2)( 0,055 m)
= 660 Pa
- Minyak
Dik : ρ = 800 kg / m3
g = 10 m / s2
h = 2,0 cm = 0,02 m
Dit : p = ………?
Jub : p = ρgh
= (800 kg / m3)( 10 m / s2)( 0,02 m)
= 160 Pa
Dari hasil perhitungan Tekanan Hidrostatis masing – masing zat cair diperoleh bahwa :
Massa jenis larutan garam lebih besar daripada massa jenis air dan massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak goreng. Hal itu menyebabkan sedotan lebih melayang pada larutan garam daripada di air dan minyak goreng. Ini disebabkan zat cair yang massa jenisnya lebih besar akan memberikan tekanan hidrostatis yang lebih besar pula. Selain kedalaman atau ketinggian dari permukaan dan massa jenis, tekanan hidrostatis juga dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi.
Penilaian
Afektif :
No | Nama siswa | Kerajinan / Tepat Waktu | Bekerja Sama dalam Kelompok | Pemecahan Masalah | Disiplin Diri dalam Bekerja | ||||||||||||
A | B | C | E | A | B | C | E | A | B | C | E | A | B | C | E | ||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Psikomotorik :
No | Nama siswa | Menyusun peralatan percobaan | Melakukan percobaan sesuai prosedur | Memakai alat dan membersihkan | Meletakkan alat pada tempatnya setelah dipakai | ||||||||||||
A | B | C | E | A | B | C | E | A | B | C | E | A | B | C | E | ||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Keterangan Nilai :
A. Sangat Baik : 90 – 100
B. Baik : 80 – 89
C. Cukup : 70 – 79
E. Kurang :0 – 69
Identitas : - Erick Soparma Simanungkalit (408121043)
- Eva Purba (408121045)
- Febrinawaty Siregar (408121050)
- Mawan Elfrida Sinaga (408121070)
Mengetahui,
Dosen Praktikan
Drs. Jonny H. Panggabean, M.si 1. Erick Soparma Simanungkalit ( )
2. Eva Christina Purba ( )
3. Febrinawaty Siregar ( )
Nip. 196409211989031003 4. Mawan Elfrida Sinaga ( )
Portofolio :
LEMBAR KERJA SISWA
A. Tujuan
· Praktikan mampu memanfaatkan bahan-bahan disekelilingnya untuk memahami konsep Tekanan Hidrostatis
· Praktikan mampu merangkai alat dan bahan serta melakukan percobaan dengan baik
· Praktikan mengajukan pertanyaan yang baik
· Praktikan mampu menyimpulkan hasil percobaan dengan baik
B. Tinjauan Teoritis
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
C. Alat dan Bahan
No | Alat dan Bahan | Jumlah |
1 | Gelas Ukur | 3 buah |
2 | Pipet 15 cm | 3 buah |
3 | Permen Karet | 3 buah |
4 | Air | Secukupnya |
5 | Garam | Secukupnya |
6 | Minyak Goreng | Secukupnya |
D. Prosedur kerja
A | Pendahuluan | Waktu | ||||||||||||||||
| Menyiapkan alat dan bahan | 3 menit | ||||||||||||||||
B | Kegiatan Inti | | ||||||||||||||||
| 1. Tuangkan masing – masing Air, larutan garam dan minyak goreng pada ketiga gelas ukur dengan volume yang sama 2. Tempelkan permen karet pada salah satu ujung sedotan yang membentuk sebuah bandul 3. Celupkan sedotan 1 tersebut ke dalam air hingga melayang seperti pada Gambar ( Agar sedotan melayang, aturlah banyaknya permen yang menempel )
Air Larutan garam minyak 4. Tandai sedotan dengan spidol tepat pada permukaan air 5. Kemudian celupkan sedotan itu pada larutan garam, amati letak tanda tadi, di atas atau di bawah larutan kah tanda itu?! 6. Kemudian celupkan sedotan itu ke dalam gelas berisi minyak goreng, amati letak tanda tadi, di atas atau dibawah larutan kah tanda tersebut 7. Pada zat cair manakah sedotan tercelup paling dalam? | 2 menit 2 menit 2 menit 1 menit 3 menit 3 menit 3 menit | ||||||||||||||||
C | Penutup | | ||||||||||||||||
| Mendiskusikan konsep apa yang terjadi Bagaimanakah kesimpulanmu dari percobaan itu? | 5 menit 6 menit |
E. Hasil pengamatan
No | Bahan | Massa Jenis | Kedalaman (h) |
1 | Air | 1000 kg / m3 | |
2 | Air garam | 1200 kg / m3 | |
3 | Minyak | 800 kg / m3 | |
F. Pembahasan
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
G. Kesimpulan
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
Mengetahui,
Dosen Praktikan
(………………………..) (………………………..)
Lampiran :
No | Soal | Jawaban | Score |
1 | Mengapa dinding kapal selam bisa bocor jika kapal tersebut menyelam pada bagian laut yang sangat dalam ? | Penyelesaian: karena di bagian laut paling dalam kapal mendapatkan tekanan yang begitu besarnya karena pada dasarnya kapal selam melawan tekanan dari kedalaman air laut yang menuju ke atas permukaan karena kedalamannya tadi…ingat rumus P = ρ g h. | 20 |
2 | Mengapa kaki kita terasa lebih sakit ketika diinjak oleh orang yang menggunakan sepatu tumit tinggi daripada orang yang menggunakan sepatu yang alasnya rata ? | Penyelesaian: karena smakin kecil luasan dari sepatu, smakin besar tekanan yg dihasilkan. karena tekanan berbanding terbalik dgn luas permukaan. | 20 |
3 | Sebuah balok bermassa 40 kg, panjang = 1 meter dan luas penampang = 1 m2 berdiri tegak di atas lantai. Hitung tekanan yang diberikan balok tersebut pada lantai… | Penyelesaian: Diketahui: m = 40 kg A = 1 m2 g = 10 m/s2 Dit : P = ? Jawab :P = F/A P = m . g / A P = 40.10/1 P = 400 N / m2 | 5 10 20 |
4 5 | Mengapa botol infus harus diletakkan pada tempat yang lebih tinggi dari bagian tubuh yang diinfus ? Ketika tanggul situ ginting jebol, perkirakan bagian manakah dari tanggul tersebut yang jebol duluan… | karena di dalam botol infus mengandung air ,yang berpegaruh tekanan ke bawah lebih kuat and air yg di dalam infus bsa mengalir kebawah tanpa menggunakan alat bntu lain nya. bagian terbawah di dekat arah perumahan. karena semakin dalam semakin tinggi tekanan yang di dapatkan. | 20 20 |