Minggu, 19 Juni 2011

RPP EKSPERIMEN FISIKA


motion.jpg
TUGAS EKSPERIMEN FISIKA
Text Box: TUGAS EKSPERIMEN FISIKA
2010
Erick Soparma Simanungkalit       Eva Purba                                             Febrinawati Siregar            Mawan Elfrida Sinaga
Kelompok VI
11/22/2010


 

RANCANGAN PELAKSANAAN EKSPERIMEN FISIKA
Judul Percobaan                                  : Balon Berisi Air Tidak Pecah Pada Saat Dipanaskan
Sekolah                                               : SMP NEGERI 1 BUDI PEKERTI LUHUR
Kelas / Semester                                  : II / 1
Pertemuan                                           : 1 x Pertemuan
Alokasi waktu                                     : 30 Menit
Standar  Kompetensi                          : Memahami Konsep Tekanan Udara dalam kehidupan                                                                       sehari-hari
Kompetensi Dasar                               : Membuat suatu karya yang dapat menjelaskan                           pengaruh tekanan udara pada air dalam gelas
Indikator                                             : - Membuat suatu karya/model sesuai rancangan                                                     pelaksanaan eksperimen fisika
                                                              - Menguji model / karya yang di buat dan                                                                          disempurnakan

Diskriptor                                            :
No
K e g i a t a n
N i l a i
1
Mempersiapkan Alat dan Bahan
5
2
Merangkai Alat sesuai dengan prosedur percobaan
25
3
Mengamati apa yang terjadi sesuai dengan prosedur percobaan
45
4
Menuangkan hasil sementara pada data eksperimen
65
5
Membuat laporan sementara hasil praktikum
85
6
Membuat kesimpulan dari percobaan
100




Tujuan Eksperimen     :
  1. Tujuan Kognitif
Praktikan mampu memanfaatkan bahan-bahan disekelilingnya untuk  memahami konsep Tekanan Udara
  1. Tujuan Psikomotorik
            Praktikan mampu merangkai alat dan bahan serta  melakukan percobaan dengan baik
  1. Tujuan afektif
-          Praktikan mengajukan pertanyaan yang baik
-          Praktikan mampu menyimpulkan hasil percobaan dengan baik


Tinjauan Teoritis         :
TEKANAN UDARA


Model dan Metode Pembelajaran       :
            1. Pendekatan : Konstektual
            2. Metode        : Eksperimen
Alat dan Bahan                                   :
No
Alat dan Bahan
Jumlah
1
Balon
1 buah
2
Air
Secukupnya
3
Lilin
1 buah






Kegiatan Praktikum :
A
Pendahuluan
Waktu

Menyiapkan alat dan bahan
3 menit
B
Kegiatan Inti


1.      Tuangkan masing – masing Air, larutan garam dan minyak goreng pada ketiga gelas ukur dengan volume yang sama
2.      Tempelkan permen karet pada salah satu ujung sedotan yang membentuk sebuah bandul
3.      Celupkan sedotan 1 tersebut ke dalam air hingga melayang seperti pada Gambar ( Agar sedotan melayang, aturlah banyaknya permen yang menempel )






 







                    Air      Larutan garam       minyak
4.      Tandai sedotan dengan spidol tepat pada permukaan air
5.      Kemudian celupkan sedotan itu pada larutan garam, amati letak tanda tadi, di atas atau di bawah larutan kah  tanda itu?!
6.      Kemudian celupkan sedotan itu ke dalam gelas berisi minyak goreng, amati letak tanda tadi, di atas atau dibawah larutan kah tanda tersebut
7.      Pada zat cair manakah sedotan tercelup paling dalam?
2 menit

2 menit

2 menit












1 menit
3 menit

3 menit

3 menit
C
Penutup


Mendiskusikan konsep apa yang terjadi
Bagaimanakah kesimpulanmu dari percobaan itu?

5 menit
6 menit

Data Eksperimen                                 :
No
Bahan
Massa Jenis
Kedalaman (h)
1
Air
1000 kg / m3
3,8 cm
2
Air garam
1200 kg / m3
5,5 cm
3
Minyak
800 kg / m3
2,0 cm







Pengolahan Data                                 :
  1. Air
Dik : ρ = 1000 kg / m3
         g = 10 m / s2
         h = 3,8 cm = 0,038 m
Dit : p = ………?
Jub : p = ρgh
            = (1000 kg / m3)( 10 m / s2)( 0,038 m)
            = 380 Pa
  1. Air Garam
Dik : ρ = 1200 kg / m3
         g = 10 m / s2
         h = 5,5 cm = 0,055 m
Dit : p = ………?
Jub : p = ρgh
            = (1200 kg / m3)( 10 m / s2)( 0,055 m)
            = 660 Pa
  1. Minyak
Dik : ρ = 800 kg / m3
         g = 10 m / s2
         h = 2,0 cm = 0,02 m
Dit : p = ………?
Jub : p = ρgh
            = (800 kg / m3)( 10 m / s2)( 0,02 m)
            = 160 Pa


Dari hasil perhitungan Tekanan Hidrostatis masing – masing zat cair diperoleh bahwa :
Massa jenis larutan garam lebih besar daripada massa jenis air dan massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak goreng. Hal itu menyebabkan sedotan lebih melayang pada larutan garam daripada di air dan minyak goreng.  Ini disebabkan zat cair yang massa jenisnya lebih besar akan memberikan tekanan hidrostatis yang lebih besar pula. Selain kedalaman atau ketinggian dari permukaan dan massa jenis, tekanan hidrostatis juga dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi.

Penilaian
Afektif                                                            :
No
                                                            Aspek yg                                                      di nilai
Nama siswa
Kerajinan / Tepat Waktu
Bekerja Sama dalam Kelompok
Pemecahan Masalah
Disiplin Diri dalam Bekerja
A
B
C
E
A
B
C
E
A
B
C
E
A
B
C
E
1

















2

















3

















4

















5


















Psikomotorik                                       :
No
                                                            Aspek yg                                                      di nilai
Nama siswa
Menyusun peralatan percobaan
Melakukan percobaan sesuai prosedur
Memakai alat dan membersihkan
Meletakkan alat pada tempatnya setelah dipakai
A
B
C
E
A
B
C
E
A
B
C
E
A
B
C
E
1

















2

















3

















4

















5


















Keterangan Nilai                                 :
A. Sangat Baik                              : 90 – 100
B. Baik                                          : 80 – 89
      C. Cukup                                       : 70 – 79
      E. Kurang                                      :0 – 69

Identitas                                              : - Erick Soparma Simanungkalit        (408121043)
                                         - Eva Purba                                       (408121045)
                                         - Febrinawaty Siregar                        (408121050)
                                         - Mawan Elfrida Sinaga                    (408121070)


Mengetahui,
Dosen                                                                    Praktikan


Drs. Jonny H. Panggabean, M.si                           1. Erick Soparma Simanungkalit       (                  )
                                                         2. Eva Christina Purba                       (                  )
                                                         3. Febrinawaty Siregar                       (                  )
Nip. 196409211989031003                                  4. Mawan Elfrida Sinaga                   (                  )





Portofolio                                            :
LEMBAR KERJA SISWA
A. Tujuan
·         Praktikan mampu memanfaatkan bahan-bahan disekelilingnya untuk  memahami   konsep Tekanan Hidrostatis
·         Praktikan mampu merangkai alat dan bahan serta  melakukan percobaan dengan baik
·         Praktikan mengajukan pertanyaan yang baik
·         Praktikan mampu menyimpulkan hasil percobaan dengan baik

B. Tinjauan Teoritis
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
C. Alat dan Bahan
No
Alat dan Bahan
Jumlah
1
Gelas Ukur
3 buah
2
Pipet 15 cm
3 buah
3
Permen Karet
3 buah
4
Air
Secukupnya
5
Garam
Secukupnya
6
Minyak Goreng
Secukupnya





D. Prosedur kerja
A
Pendahuluan
Waktu

Menyiapkan alat dan bahan
3 menit
B
Kegiatan Inti


1. Tuangkan masing – masing Air, larutan garam dan minyak goreng pada ketiga gelas ukur dengan volume yang sama
2. Tempelkan permen karet pada salah satu ujung sedotan yang membentuk sebuah bandul
3. Celupkan sedotan 1 tersebut ke dalam air hingga melayang seperti pada Gambar ( Agar sedotan melayang, aturlah banyaknya permen yang menempel )


 







                    Air      Larutan garam       minyak

4. Tandai sedotan dengan spidol tepat pada permukaan air
5. Kemudian celupkan sedotan itu pada larutan garam, amati letak tanda tadi, di atas atau di bawah larutan kah  tanda itu?!
6. Kemudian celupkan sedotan itu ke dalam gelas berisi minyak goreng, amati letak tanda tadi, di atas atau dibawah larutan kah tanda tersebut
7. Pada zat cair manakah sedotan tercelup paling dalam?
2 menit

2 menit

2 menit








1 menit
3 menit

3 menit

3 menit
C
Penutup


Mendiskusikan konsep apa yang terjadi
Bagaimanakah kesimpulanmu dari percobaan itu?
5 menit
6 menit
E. Hasil pengamatan
No
Bahan
Massa Jenis
Kedalaman (h)
1
Air
1000 kg / m3

2
Air garam
1200 kg / m3

3
Minyak
800 kg / m3

F. Pembahasan
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
G. Kesimpulan
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..

Mengetahui,
Dosen                                                                                                  Praktikan


 (………………………..)                                                                   (………………………..)




Lampiran                                          :
No
Soal
Jawaban
Score
1
Mengapa dinding kapal selam bisa bocor jika kapal tersebut menyelam pada bagian laut yang    sangat dalam ?


Penyelesaian:
karena di bagian laut paling dalam kapal mendapatkan tekanan yang begitu besarnya karena pada dasarnya kapal selam melawan tekanan dari kedalaman air laut yang menuju ke atas permukaan karena kedalamannya tadi…ingat rumus P = ρ g h.




20
2
Mengapa kaki kita terasa lebih sakit ketika diinjak oleh orang yang menggunakan sepatu tumit tinggi daripada orang yang menggunakan sepatu yang alasnya rata ?

Penyelesaian:
karena smakin kecil luasan dari sepatu, smakin besar tekanan yg dihasilkan. karena tekanan berbanding terbalik dgn luas permukaan.






20
3
Sebuah balok bermassa 40 kg, panjang = 1 meter dan luas penampang = 1 m2 berdiri tegak di atas lantai. Hitung tekanan yang diberikan balok tersebut pada lantai…

Penyelesaian:
Diketahui:
m = 40 kg
A = 1 m2
g = 10 m/s2
Dit :     P = ?
Jawab :P = F/A
P = m . g / A
P = 40.10/1
P = 400 N / m2


5



10




20
4












5
Mengapa botol infus harus diletakkan pada tempat yang lebih tinggi dari bagian tubuh yang diinfus ?




Ketika tanggul situ ginting jebol, perkirakan bagian manakah dari tanggul tersebut yang jebol duluan…




karena di dalam botol infus mengandung air ,yang berpegaruh tekanan ke bawah lebih kuat and air yg di dalam infus bsa mengalir kebawah tanpa menggunakan alat bntu lain nya.

 bagian terbawah di dekat arah perumahan. karena semakin dalam semakin tinggi tekanan yang di dapatkan.






20










20



Tidak ada komentar:

Posting Komentar